Laman

Kamis, 01 Maret 2012

GCS ( GLASGOW COMA SCALE )


TINDAKAN    RESPON    NILAI      
MATA
(E)  
Spontan                      4      
Terhadap bicara          3      
Terhadap nyeri            2      
Tidak ada respon        1      

MOTORIK/
MOVEMENT
(M)
Mematuhi perintah      6      
Melokalisasi nyeri       5      
Fleksi menarik            4      
Fleksi abnormal          3      
Ekstensi abnormal       2      
Tidak ada respon        1      

VERBAL
(V)   
Terorientasi                5      
Konfusi (bingung)       4      
Kata-kata tidak tepat 3      
Suara tidak jelas         2      
Tidak ada rsspon        1   

Penjelasan

Mata :
Mata diberi nilai 4 jika klien berespon bahkan saat kita belum memanggil. Contoh ketika kita memasuki ruangan, Klien sudah menoleh saat kita membuka pintu. Diberi nilai 3 jika klien melirik kita saat kita memanggil klien, 2 bila klien baru akan menoleh bila kita berikan rangsang nyeri (mis. Dicubit) dan 1 untuk tidak ada respon apapun.

Motorik/Movement :
Motorik diberi nilai 6 bila klien dapat bergerak mematuhi perintah (mis. Klien mampu mengangkat tangan atau mengambil sesuatu). Nilai 5 jika klien dapat merasakan dan mengetahui rangsang nyeri (jika lengannya dicubit, lengan satunya akan menuju lengan yang dicubit dan akan ‘mengusir’ tangan yang mencubit). Nilai 4 bila klien menarik area yang diberi rangsang nyeri dengan gerakan teratur, 3  bila klien menarik area yang diberi rangsang nyeri dengan gerakan tidak teratur, 2 bila klien menghindari rangsangan dengan menjauhkan area yang diberi rangsang dari tubuh (mis. tangan klien yang diberi rangsang ditarik dengan arah menjauh dari tubuh). Dan 1 jika tidak ada gerakan sama sekali.

Verbal :
Diberi nilai 5 jika bicara klien dapat dimengerti dan sesuai dengan topik, 4 jika klien tampak berbicara dengan bingung/jawaban klien berbeda dengan pertanyaan/ topik yang sedang dibahas, 3 bila klien berbicara dengan kata yang tidak sesuai, 2 jika bicara tidak jelas (mis. mengerang, merintih) dan 1 jika klien tidak bersuara.


Catatan :
Pemeriksa perlu berhati-hati dalam menentukan GCS. Beberapa faktor dapat membuat GCS menjadi tidak valid. Mis. pada klien dengan GCS sempurna, ketika dites  oleh pemeriksa klien tidak membuka mata/menoleh bahkan saat dipanggil/diberi rangsang suara, padahal klien mengalami gangguan pendengaran, dan akibatnya klien akan menjawab pertanyaan pemeriksa dengan kebingungan padahal verbal klien terorientasi dengan baik. Atau bisa saja klien dengan GCS sempurna tidak mampu merespon pada tes motorik hanya karena pemeriksa memberi rangsang nyeri pada anggota tubuh klien yang lumpuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar